Jelang Natal, Tim Gegana Sisir Gereja di Jawa Barat


POJOKANBERITAASIK.BLOGSPOT.COM - Jelang perayaan Natal, tim Gegana Brimob Polda Jawa Barat dikerahkan menyisir gereja di setiap daerah, seperti di Kota Bandung dan Kota Sukabumi.
camarpoker.com
Di Bandung, penyisiran dimulai dari Gereja Katedral, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (23/12/2017). Tim yang berjumlah sepuluh orang tersebut menyisir seluruh area gereja.
camarpoker.com
Satu persatu area dicek dari mulai halaman, ruang tengah hingga altar gereja. Bahkan tim menyisir hingga ke sudut-sudut ruangan untuk mencari barang-barang mencurigakan. Penyisiran berlangsung selama 30 menit.
camarpoker.com
"Ini memang dilakukan serentak menjelang natal. Dari hasil penyisiran tidak ditemukan benda-benda yang dianggap berbahaya," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo yang memimpin penyisiran.
camarpoker.com
Hendro mengatakan perayaan natal di Kota Bandung dijamin aman. Sebanyak 2.100 personel dikerahkan untuk mengamankan 156 gereja di Kota Bandung.
camarpoker.com
"Satu gereja nantinya akan dikawal oleh minimal lima personel. Pola pengamanannya menggunakan skema ring. Ada empat ring nantinya di setiap gereja," katanya.
camarpoker.com
Pengurus Gereja Katedral David Mihardja menyatakan siap untuk menggelar natal. Pengamanan dari gereja juga telah siap.
camarpoker.com
"Kita siapkan metal detector juga. Nanti petugas kami di sini mengecek setiap umat yang datang," kata dia.
camarpoker.com
David menuturkan jemaat yang melaksanakan ibadah natal di gereja Katedral cukup banyak. Bahkan para jemaat berasal dari berbagai wilayah.
camarpoker.com
"Jadi memang kebanyakan dari luar kota. Karena mereka menganggap gereja ini ikon Katedral. Jadi kalau ke Bandung gak ke Katedral, seperti bukan ke gereja," ujarnya.
camarpoker.com
Sementara itu di Kota Sukabumi, ada 19 Gereja yang disterilisasi. "Ada 19 gereja yang kita sterilisasi, yang akan memeriksa setiap sudut dan ruangan tiap gereja. Alhamdulillah sejauh ini tidak kita temukan benda-benda mencurigakan," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo di Gereja ST Josep, Jalan Suryakencana, Kota Sukabumi.
camarpoker.com
Untuk pengamanan hingga malam dan hari natal, Polres Sukabumi Kot
a mensiagakan 180 personel yang akan ditempatkan tersebar. "Ada 180 personel tergelar, satu tempat peribadatan dijaga oleh 6 sampai 8 personel yang akan melakukan penjagaan selama 1 x 24 jam hingga 2 Januari nanti,"
camarpoker.com
Untuk pemeriksaan jemaat yang hadir saat malam dan hari natal Susatyo akan berkoordinasi dengan pihak gereja dalam pemeriksaan. "Pihak Gereja pasti lebih mengenal jemaatnya, tentu pemeriksaan setiap pengunjung akan dilakukan pihak gereja didampingi personel kepolisian," lanjut Susatyo.
camarpoker.com
Sementara itu, Pendeta Robert Hutapea dari Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menyebut akan ada 1000 lebih jemaat yang akan datang untuk peribadatan natal. Dengan kehadiran petugas kepolisian dia meyakini pelaksanaan natal akan berjalan aman dan damai.
camarpoker.com
"Jemaat kita tidak hanya dari Kota Sukabumi, tapi ada dari Cianjur, Cicurug, Cikembang dan luar kota lainnya. Kami juga bahagia dengan kehadiran bapak-bapak polisi yang menjaga kami di sini, semoga natal akan berjalan dengan baik, aman dan damai," ungkapnya.

Popular posts from this blog

Polisi tes kejiwaan helmi yang menembak mati sebanyak 6x tembakan membabi buta

LSM minta pemda untuk larangan adu bagong di tontoni anak anak !

Zumi Zola Tersangka, Jokowi ke Kepala Daerah: Jauhi Kasus Hukum